Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

1 Sep 2013

Kesuksesan Wanita Berdampak Buruk Bagi Pasangannya



pria merasa gagal saat pasangannya sukses
Menurut sebuah studi terbaru, pria merasa harga diri mereka jatuh saat pasangan wanitanya meraih kesuksesan, bahkan ketika mereka tidak bersaing secara langsung. Kesuksesan para wanita juga berdampak negatif terhadap pandangan pasangan prianya terhadap masa depan hubungan mereka berdua.

"Ada ide bahwa wanita hanya diperbolehkan menjadi "wanita di belakang pria sukses" tapi kebalikannya tidak berlaku untuk pria," kata Kate Ratliff dari University of Florida.

Kate Ratliff dan Shigehiro Oishi (peneliti dari University of Virginia) melakukan penelitian melalui serangkaian uji coba untuk mengukur bagaimana dampak kesuksesan terhadap harga diri pasangan secara eksplisit dan implisit. Dalam kasus ketika seorang wanita mengungguli kesuksesan pasangan prianya secara sosial atau intelektual, para pria merasa harga dirinya terpuruk.

Melalui serangkaian tes lanjutan untuk mengukur sikap dan perasaan yang tak terucap secara lisan, tidak ditemukan para pria merasa nyaman, namun yang ditemukan justru perasaan negatif dan rendah diri.

Kebalikannya, pada wanita tidak ditemukan emosi negatif ketika pasangan pria mereka berhasil. Menariknya, ketika pasangan pria mereka sukses, wanita merasa lebih percaya diri tentang prospek masa depan hubungan mereka.

"Pria, bagaimanapun, merasa masa depan hubungan mereka akan hancur ketika pasangan mereka berhasil, perasaan seperti itu selanjutnya memicu ketakutan pria bahwa pasangan mereka pada akhirnya akan meninggalkan mereka," tulis Ratliff dan Oishi.

Hipotesa dengan pendekatan "zero-sum" yang menyatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan mungkin dipicu oleh ketidaknyamanan pria dan kebencian mereka pada pasangan wanitanya yang sukses, menjelaskan kemudian bahwa pria lebih cenderung melihat kesuksesan pasangan mereka sebagai kegagalan mereka sendiri.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.