Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

21 Des 2011

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Otak



Senyum dan tawa adalah obat awet muda dan tertawa adalah obat yang bisa meringankan berbagai penyakit, salah satunya adalah demensia (penurunan fungsi otak dan memori ingatan). Penurunan fungsi otak dan juga memori ini biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia, utamanya di atas usia 65 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan, demensia ini terjadi juga pada orang yang lebih muda.

Dikutip dari dailymail, ada sebuah riset yang menemukan bahwa tertawa bisa menjadi pengganti obat-obatan dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Para peneliti dari University of New South Wales, menemukan bahwa pasien yang mendapat kunjungan secara rutin dari terapis humor, mencapai penurunan tingkat kekacauan hingga 20% dibanding mereka yang mendapatkan perawatan biasa.

Terapi humor juga memberi dampak baik bagi orang-orang yang bekerja dengan para pasien demensia ini. Merawat seorang lansia dengan demensia tentunya merepotkan dan menuntut kesabaran yang tinggi, namun dengan suasana humor yang diciptakan di setiap lingkungan perawatan, para perawat mengaku lebih mencintai pekerjaan mereka dan semuanya terasa lebih ringan. Tertawa memang selalu bisa membuat keadaan lebih baik, entah itu dari segi kesehatan atau dari segi mental.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.