Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

16 Feb 2012

Memahami Jiwa Anak



Anak-anak adalah miniatur manusia yang belum memiliki identitas permanen. Jiwa anak lembut dan sangat mudah terpengaruh. Pendidik anak mesti memiliki kemampuan untuk mengerti dan mengenali manusia, juga kemampuan mengenali pikiran anak. Pendidik anak harus memiliki mata yang tajam untuk mengetahui keruwetan dalam proses pengasuhan anak. Ia harus mengetahui potensi keberhasilan dan kegagalan manusia. Ia harus memiliki rasa tanggung jawab dan ketertarikan dalam pekerjaan ini. Ia harus pula bersabar dan tegar sehingga kesulitan-kesulitan dalam mendidik anak tidak menguasainya. 

Peraturan dalam mendidik anak seharusnya tidak kaku, sehingga dapat diimplementasikan pada lingkungan yang berbeda. Peraturan dalam mendidik anak harus bisa dimodifikasi dan diaplikasikan pada setiap individu anak sesuai dengan kebutuhan fisik dan kemampuan mentalnya. Para orang tua juga mesti mengamati secara cermat pertumbuhan fisik anak. 

Anak laki-laki dan perempuan harus memperoleh pengetahuan yang sama tentang pendidikan dan pelatihan sebelum menjadi orang tua. Pendidikan anak haruslah dimulai sejak lahir dan bahkan sejak masa kehamilan. Selama periode tersebut, fondasi dari sifat alami anak, perilaku dan proses berpikir mulai terbentuk.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.