Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

9 Feb 2012

Penyebab Orang Gampang Percaya Gosip



Pernahkah Anda melihat foto anjing yang sebesar kuda? Atau foto seekor rusa yang sedang berada di atas tiang listrik? Semua iitu adalah beberapa kejadian aneh. Tentu kita pernah mendengar cerita-cerita aneh atau melihat foto-foto aneh, dan tanpa kita sadari semua itu telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, bahkan jika semua itu belum jelas benar atau bahkan benar-benar gosip. Setiap hari otak kita dibombardir dengan informasi, banyak yang tidak benar, tapi dengan perlahan tersimpan baik dalam ingatan kita. 

Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin sering kita percaya bahwa sesuatu itu benar, maka semakin besar kemungkinannya sesuatu itu akan muncul kembali di masa depan kita, bahkan jika kita telah tahu bahwa sesuatu itu tidak benar. Menurut teori memori, otak menciptkan semacam "dinding" untuk melindungi ide-ide yang ada dalam pikiran kita dari gangguan informasi yang datang dari luar, termasuk gosip. Jadi, seseorang yang sangat yakin bahwa pemahamannya benar harus melawan setiap usaha yang ingin membuktikan bahwa pemahamannyanya itu salah. 

Kelemahan otak terletak pada kecenderungannya untuk membenarkan informasi (gosip) yang datang berulang-ulang. Umumnya, orang yang mendengar  gosip yang sama berulang-ulang, secara tidak sadar berpeluang besar mempercayai gosip yang didengarnya. 

Setiap orang berhak percaya atau tidak percaya terhadap informasi tertentu. Dari penelitian itu juga ditemukan bahwa orang yang terbuka terhadap koreksi atau kritik adalah orang yang termasuk dalam kategori tidak gampang langsung percaya pada informasi baru yang belum jelas kebenarannya. Hal ini disebabkan oleh pikiran mereka yang terbuka untuk mempertimbangkan terlebih dahulu apakah informasi baru itu sudah benar atau salah.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.