Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

17 Jun 2012

Mengajarkan Cinta Kepada Anak



mengajarkan cinta kepada anak
Anda bisa belajar banyak hal dari anak-anak,misalnya menguji berapa banyak kesabaran yang Anda miliki. Cobalah bersama mereka seharian penuh dan mari kita lihat seberapa sabar Anda bersama mereka, anak-anak yang menawan, polos dan penuh mimpi.

Fakta hari ini, di mana kita sering disuguhi tontonan berita tentang dunia yang penuh dengan kekejaman dan kekerasan pada anak-anak. Jiwa tak berdosa anak-anak menjadi rusak. Sayangnya, hal-hal yang merusak pikiran mereka tak jarang berawal dari rumah. Untuk membantu anak-anak terhindar dari hal-hal negatif, satu hal yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah mengajar mereka tentang cinta

Cinta adalah sesuatu yang sangat sederhana, namun entah bagaimana menjadi sangat rumit jika orang tidak mengenal cinta. Penting bagi orangtua untuk mengetahui bahwa mereka merupakan tokoh utama dan pemain kunci dalam mengajar anak-anak mereka tentang cinta. Di mana anak-anak Anda seharusnya belajar tentang cinta? Apakah Anda ingin anak Anda belajar tentang cinta di luar sana dengan orang lain yang mungkin tidak terlalu mengenal karakter anak Anda? 

Biarkan Anak-anak Merasa Bahwa Mereka Dicintai Tanpa Syarat
Studi menunjukkan bahwa remaja memberontak terhadap orang tua mereka karena mereka tidak yakin tentang konsep cinta dan karena mereka mempertanyakan identitas mereka. Tips pengasuhan dasar anak mengatakan: "Jangan biarkan anak merasa dibenci atau tidak diinginkan. Tidak ada yang sempurna, jadi jangan membenci anak Anda jika ia melakukan kesalahan. 

Selain itu, untuk mengajarkan ide tentang cinta tanpa syarat, jelaskan pada anak-anak bahwa ada Allah Yang Maha Mencintai hamba-hamba-NYA. Allah Maha Memaafkan mereka bahkan jika mereka membuat kesalahan. Jika seorang anak tahu bahwa mereka dicintai tanpa syarat, mereka akan mengembangkan sikap percaya, perasaan nyaman dan positif terhadap diri mereka, orang tua dan orang lain. 

Ajarkan Anak Kisah-Kisah Cinta Inspiratif
Ada banyak kisah tentang cinta yang sangat berguna bagi perkembangan jiwa anak, seperti kisah-kisah dalam Al-Qur'an dan Hadits. Ini adalah dasar dalam mengajarkan mereka berbagai jenis cinta sehingga mereka akan memahami mengapa orang menunjukkan cinta mereka dengan berbagai cara. Sejarah kehidupan Nabi Muhammad adalah contoh paling mengagumkan untuk mengajarkan anak tentang cinta.

Jadilah Teladan Yang Baik Untuk Anak Anda
Orang tua menjadi teladan dan contoh bagi anak-anaknya. Cinta harus dimulai dari rumah. Idealnya, anak-anak harus hidup dalam lingkungan di mana orang-orang tidak malu untuk menunjukkan bahwa mereka saling peduli. Seperti kata ungkapan, "Hidup adalah apa yang Anda ajarkan." Menjadi mustahil untuk menanamkan dalam diri anak-anak konsep tentang cinta, jika Anda sendiri tidak tahu bagaimana mencintai. 

Ketika anak merasa bahwa mereka dianggap penting dan keluarga mereka mencintai dan peduli kepada mereka, mereka akan merasa nyaman dan aman. Lebih dari itu jika mereka tahu bahwa mereka memiliki Allah yang Maha Sempurna yang selalu mencintai dan peduli kepada mereka tanpa syarat. 

Tahap awal pembangunan karakter anak adalah bagian yang sangat penting. Anda harus sangat berhati-hati pada prinsip Anda mendidik anak. Jika Anda mengajar mereka tentang cinta, lakukanlah dalam bahasa yang mudah dimengerti. Jangan berharap mereka untuk belajar dalam satu atau dua hari saja. Doronglah mereka untuk mengajukan pertanyaan atau jika mungkin mengajar mereka melalui contoh-contoh.

Pengajaran tentang cinta adalah pengalaman belajar seumur hidup bagi anak-anak. Tunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda selalu mencintai mereka.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.