Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

17 Jun 2012

Kopi Sebagai Sumber Antioksidan Terbaik



kopi sebagai sumber antioksidan terbaik
Kopi memberikan semangat pagi, membuat kita tetap terjaga, dan tentunya membuat kita sehat. Secangkir kopi kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Banyak peneliti menganjurkan minum 2-4 cangkir kopi setiap hari untuk memaksimalkan manfaat  antioksidan di dalamnya. 

Antioksidan sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang mengganggu fungsi normal sel-sel tubuh dan dapat merusak DNA dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam kopi mampu mencari radikal bebas dan melawan mereka, menjaga sel-sel agar tetap sehat. Antioksidan meminimalkan kemungkinan terkenanya penyakit jantung dan kanker, dua penyebab utama kematian di seluruh dunia. Antioksidan juga meminimalkan kemungkinan berkembangnya gangguan otak degeneratif seperti penyakit Alzheimer. Diabetes dan sirosis hati juga dapat dihindari dengan asupan antioksidan. 

Beberapa makanan seperti buah, gandum, kacang, dan beras merah juga mengandung antioksidan. Minuman seperti teh juga kaya akan antioksidan, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa dari semua sumber antioksidan, kopi menempati urutan teratas dari jumlah antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan dalam teh hijau yang terkenal benar-benar efektif, bahkan tidak mampu mendekati jumlah antioksidan yang dimiliki kopi. 

Umumnya, berbagai jenis biji kopi memiliki jumlah antioksidan yang sama, meskipun beberapa jenis kopi seperti biji kopi robusta, memiliki dua kali kandungan antioksidan dari biji kopi biasa.

Polyphenol yang paling melimpah dalam kopi adalah Chlorogenic Acid (asam khlorogenik), yang terdiri dari Caffeic Acid (asam kafeik) dan Quinic Acid (asam quinik). Polyphenol inilah yang mengandung sebagian besar antioksidan yang ditemukan dalam kopi. Kopi juga mengandung Cinnamate Esters (ester sinamat) yang telah dibuktikan oleh banyak peneliti sebagai antioksidan kuat.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.