Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

5 Sep 2012

Cara Menulis Menurut Dewi Lestari



supernova
Cara menulis dimulai dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain yang diwawancara, dilakukan riset pustaka, riset internet, dan sebagainya. "Saya merasa harus mengenal dengan baik apa yang saya tulis, karakter yang saya ciptakan, dan lingkungan mereka. Dengan demikian, barulah pembaca pun bisa teryakinkan. Jadi, unsur believability juga penting," kata Dewi Lestari. 

Yang terpenting adalah membuat tulisan yang mampu menstimulasi diri sendiri. "Prinsip saya sederhana, yakni menulis buku yang ingin saya baca. Jika ternyata banyak orang lain yang baca, barangkali mereka punya kesamaan minat dengan saya, hingga akhirnya mereka bisa relate dengan karya saya, yang artinya mereka tertarik pada substansinya," jelas Dee - panggilan akrab Dewi Lestari

"Diksi dan kemampuan mengolah bahasa juga menjadi hal penting. Ide besar dan cemerlang, tetapi ketika dibungkus dengan bahasa yang tumpul atau berantakan, tentu tidak jadi menarik lagi. Jadi, kedua hal itu sama pentingnya," papar Dee. 


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.