Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

4 Nov 2012

Cara Menemukan Ide



cara menemukan ide
"Sudah hampir satu jam saya duduk di depan laptop, pikiran mengembara ke mana-mana mencari ide yang bagus untuk postingan blog, sambil tak lupa membaca mantra "sakti" pengundang ide, "Ide datanglah, datanglah ide, inspirasi saya, inspirasi saya, inspirasi saya!"

Bagaimana cara menemukan ide?

Konon katanya orang tidak akan mampu memaksa dirinya menghasilkan karya yang bagus kecuali jika ia hanya mengikuti ide-ide yang sedang "merasuki"nya, ide-idenya sendiri bukan ide dan saran dari orang lain. 

Ada sebagian orang tiba-tiba didatangi ide ketika terbebani, dalam keadaan tertekan mereka menemukan ide-ide brilian. Ada juga yang berprinsip bahwa tidak usah menunggu ide datang, pekerjaan harus diangsur dan dicicil, bagian demi bagian, sedikit demi sedikit, lama-lama juga akan jadi bukit dan selesai.

Yang lain menyarankan agar sebelum tidur menuliskan apa saja yang ingin diselesaikan pada esok harinya, maka ketika sedang tidur pikiran bawah sadar akan bekerja menemukan ide-ide yang berkaitan dengan daftar tulisan tersebut, yang selanjutnya akan disimpan di pikiran sadar sehingga ketika bangun tidur ide-ide tersebut telah siap diimplementasikan oleh pikiran sadar.

Selain itu, pendapat lain mengatakan bahwa "sadar diri" (mengenali kecenderungan diri) dapat mengundang ide-ide bermunculan tanpa henti. Mengenali kecenderungan diri berarti tahu secara sadar waktu-waktu kapan saja merasa memiliki banyak ide, apakah ide-ide itu muncul penuh gairah saat sendiri atau ketika berada dalam suasana ramai, apakah saat menjelang tidur atau setelah bangun tidur, apakah saat berada di kamar mandi ataukah saat sedang galau. Silahkan diingat-ingat sendiri. Dengan mengenali kecenderungan diri berarti menghindarkan diri dari kebuntuan berpikir.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.