Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

7 Nov 2012

Mengatasi Stres dengan Relaksasi



Salah satu cara mengatasi stres atau keadaan tertekan adalah belajar relaksasi. Teknik relaksasi yang paling banyak dipraktekkan saat ini adalah relaksasi progresif. Relaksasi progresif adalah teknik relaksasi yang telah digunakan secara luas selama beberapa dekade dan terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Pada dasarnya, relaksasi progresif adalah praktek melatih seluruh otot tubuh secara bertahap agar otot-otot terbiasa santai dan rileks. Saat pertama kali Anda mencoba teknik relaksasi progresif ini, Anda mungkin tidak akan mencapai hasil sesuai keinginan. Agar otot-otot tubuh terbiasa santai, dibutuhkan latihan bertahap dan teratur.

Semakin lama dan sering Anda berlatih teknik relaksasi otot progresif, maka semakin mudah Anda mengatasi ketegangan akibat stres. Sama halnya dengan semua keterampilan, semakin sering Anda berlatih semakin meningkat kemampuan Anda.

Inti dari teknik relaksasi progresif adalah membiasakan pikiran sadar agar tetap fokus pada kata atau kalimat yang positif seperti "tenang" "nyaman" "rileks" "kuat" "bahagia" "sehat" "setiap hari saya semakin sehat" "setiap hari saya semakin bahagia" "setiap hari saya semakin senang" dan lain-lain.

Membiasakan pikiran sadar selalu mengingat kata-kata positif seperti yang dicontohkan di atas, maka akan semakin meningkatkan perasaan positif Anda. Anda juga bisa mencoba mengarahkan pikiran sadar Anda agar fokus ke bagian tertentu dari otot tubuh Anda, misalnya otot tangan atau otot kaki, kemudian pikiran sadar Anda membayangkan hal-hal positif seperti sehat, kuat, nyaman dan sebagainya.

Ada banyak teknik yang Anda dapat pelajari untuk membantu Anda mengetahui bagaimana agar tetap tenang ketika tiba-tiba gugup akibat tertekan. Mulailah membiasakan mengarahkan pikiran sadar Anda kepada kata atau kalimat yang positif secara bertahap setiap hari. Ketika keterampilan relaksasi Anda semakin meningkat, maka Anda semakin mudah dan gampang mengatasi stres.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.