Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

20 Des 2012

9 Keindahan Dunia



Berikut ini 9 Keindahan Dunia yang mungkin tidak banyak yang tahu dan merupakan sejarah warisan dunia yang masih tersisa hingga kini. Keindahan Dunia yang merupakan warisan luar biasa dari gabungan keajaiban buatan manusia dan alam yang Allah sajikan dengan sangat indahnya. 
Banaue Rice Terraces di Filipina
Banaue Rice Terraces di Filipina
Banaue Rice Terraces di Filipina
Irigasi kuno yang telah berumur kurang lebih 2000 tahun. Terletak di pegunungan Ifugao Filipina, yang dikenal sebagai Banaue Rice Terraces. Tidak berlebihan jika Filipina menganggap Banaue Rice Terraces sebagai "Keajaiban Dunia ke-8". Diperkirakan, 'ukiran' di gunung Ifugo ini dibuat dengan peralatan yang sangat tradisional oleh nenek moyang Filipina. Petak sawah berada pada 1.500 meter di atas permukaan laut dan lereng gunung di sekitarnya seluas 10.360 kilometer persegi. 
Sigiriya di Sri Lanka
Sigiriya di Sri Lanka
Sigiriya di Sri Lanka
Sisa-sisa sebuah istana kuno yang terletak di atas batu. Sigiriya atau Lion Rock terletak di Matale District, Sri Lanka, dikelilingi oleh hutan, waduk, juga kebun, ditambah dengan pemandangan yang menakjubkan, membuat Sigiriya banyak dikunjungi wisatawan. Memandangnya dari udara, Sigiraya seperti lukisan kuno yang mengingatkan pada Gua Ajanta di India. Sigiriya dibangun pada masa pemerintahan Raja Kassapa I yang memerintah pada masa 477-495 SM. Tempat ini adalah salah satu dari tujuh peninggalan kuno yang dimiliki Sri Lanka. Diduga Sirigiya dihuni sejak pra-sejarah. Kemudian pada abad ke-5 SM tempat ini digunakan sebagai biara. 
Toru, Kota Kuno di Polandia Utara
Toru, Kota Kuno di Polandia Utara
Toru, Kota Kuno di Polandia Utara
Toru adalah kota di Sungai Vistula, Polandia Utara. Kota kuno yang telah ada sejak 1100 SM. Kota ini adalah kota kelahiran Nicolaus Copernicus (seorang astronom, matematikawan, dan ekonom). Teorinya menyatakan sistem matahari sebagai pusat tata surya, menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional-yang menempatkan bumi sebagai pusat alam semesta-dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting sepanjang masa dan merupakan titik awal untuk astronomi modern dan ilmu pengetahuan modern. Diduga kota ini sudah ada sejak 1100 SM. Toru menjadi cikal bakal pemukiman pertama di daerah itu. Kota ini dikembangkan pada abad pertengahan, yaitu abad ke-7 sampai ke-13. Kemudian Teutonic membangun benteng di sekitar pemukiman, antara tahun 1230-1231. Pada tahun 1263, biarawan Fransiskan menetap di daerah tersebut setelah Dominika di tahun 1239. Kota ini berkembang dengan pembangunan sebuah kota baru di dekat Toru. Kedua kota tersebut berkembang menjadi pusat perdagangan penting di Ages. Sekarang menjadi kota wisata yang kaya dengan sejarah dari masa lalu. 
Gua Ajanta di India
Gua Ajanta di India
Gua Ajanta di India
Gua Ajanta terletak di Maharashtra, salah satu dari peninggalan kuno yang ada di India. Gua dengan lukisan yang menakjubkan dengan banyak patung Buddha yang bernilai seni tinggi. Diperkirakan, gua ini ada sejak abad ke-2 SM. Selama tahun 1300 gua ini tidak lagi terawat dan akhirnya menjadi hutan. Selanjutnya, tidak ada yang tahu bahwa ada 'warisan dunia' yang tersimpan di hutan itu. Sampai akhirnya pada musim semi tahun 1819 Kapten Smith (seorang perwira Inggris) tanpa sengaja memasuki hutan tersebut dan menemukan sebuah pintu tersembunyi di salah satu gua. Ini adalah kunjungan pertama manusia setelah ribuan tahun. Ketika itu ia menemukan gua 'rumah' burung, kelelawar dan hewan lainnya. Kapten Smith kemudian melakukan eksplorasi pertama untuk memastikan 'isi' dari gua misterius itu. Nama Kapten Smith diketahui, karena ia menulis namanya dan tahun datangnya di dinding gua, "Kapten Smith, April 1819". 
Lembah Bunga di Himalaya
Lembah Bunga di Himalaya
Lembah Bunga di Himalaya
Valley of Flowers adalah sebuah lembah di Pegunungan Himalaya. Para pendaki dan ahli botani menggambarkannya sebagai lembah luar biasa indah, sudah ada sejak lebih dari satu abad yang silam. Bahkan dalam mitologi Hindu, keberadaan lembah ini sudah ada sejak zaman dahulu. Lembah dengan padang rumput yang diselingi bunga berwarna-warni, sangat indah dan tampak hampir menutupi lembah. Lembah bunga yang indah lengkap dengan latar belakang pegunungan dan hutan. Valley of Flowers dinyatakan sebagai taman nasional (Nanda Devi National Park) pada tahun 1982. Masyarakat setempat percaya bahwa tempat itu dihuni oleh kawanan peri. 
Meteora, Bangunan Batu di Puncak Gunung Athos, Yunani
Meteora, Bangunan Batu di Puncak Gunung Athos, Yunani
Meteora, Bangunan Batu di Puncak Gunung Athos, Yunani
Bagaimana bisa sebuah kastil bisa berdiri di atas batu. Bayangkan betapa sulitnya pembangunan benteng ini yang sudah ada sejak ratusan tahun. Ini adalah kompleks biara-biara Ortodoks Timur dan paling penting di Yunani. Tepatnya, biara-biara dibangun di atas Athos Stone Mountain. Ada enam biara di kompleks ini. Tepatnya terletak di wilayah Thessaly, dekat sunagi Pineios, Barat Laut Yunani Tengah. Yang menarik adalah akses menuju biara sangatlah sulit. Sejenis jala digunakan untuk menaikkan dan menurunkan barang, termasuk manusia. Dibutuhkan kekuatan iman untuk mencapai biara ini. 
Chichen Itza
Chichen Itza
Chichen Itza
Merupakan warisan arkeologi Maya di Meksiko yang paling lengkap dan terpelihara dengan baik. Menurut kebudayaan Maya dari Chilam Balam, kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 SM. Kaum Maya hanya menempatinya selama 200 tahun, kemudian mereka pindah ke daerah pantai di Campeche. Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan Bangunan Seribu Tiang.

Machu Picchu di Peru
Machu Picchu di Peru
Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua, sering disebut "Kota Inca yang hilang") adalah lokasi pra-Columbus reruntuhan Inca yang terletak di pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Berada di Lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km Barat Laut Cusco. Sebuah simbol dari Kekaisaran Inca yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450 tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian ketika bangsa Spanyol menaklukkan Kekaisaran Inca. 
Petra di Yordania
Petra di Yordania
Petra di Yordania
Adalah situs arkeologi di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang terbentang dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania, sebuah simbol dan teknik perlindungan. Kota ini didirikan dengan mengukir cadas setinggi 40 meter. Petra adalah ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada Abad 9 SM-40 M oleh Raja Aretas IV sebagai benteng yang sulit ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir. Petra merupakan sistem irigasi yang dibangun luar biasa rumit. Ada terowongan dan ruang air yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjir yang medadak, juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengangkat air.

Itulah 9 Keindahan Dunia yang masih terpelihara sampai saat ini, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.