Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

26 Mei 2013

Bagaimana Bernegosiasi yang Baik



negosiasi
Bagaimana menjadi negosiator yang baik merupakan pertanyaan yang menarik ketika suatu hubungan seperti hubungan kerja, bisnis, sosial atau saat membeli barang seperti kendaraan, rumah atau barang-barang lainnya mengharuskan adanya proses negosiasi.

Memiliki kemampuan negosiasi yang baik adalah keterampilan yang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai makhluk sosial. Kemampuan bernegosiasi merupakan salah satu kualitas yang dibutuhkan oleh semua orang yang ingin sukses dan berhasil dalam hidupnya. Terkadang saat harus melakukan negosiasi, sebagian orang malah gugup dan akhirnya gagal mencapai tujuan yang akan dinegosiasikan. Padahal, inti dari bernegosiasi adalah jangan banyak khawatir dan gugup.

Keterampilan melakukan negosiasi yang baik adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan hanya membutuhkan beberapa trik. Umumnya, kesalahan tunggal yang bisa menggagalkan proses negosiasi adalah membiarkan emosi terlibat dan mengatur pikiran. Ketika emosi bercampur dalam proses negosiasi yang sedang berlangsung, maka bisa diperkirakan hasilnya akan gagal total.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperbaiki keterampilan bernegosiasi:

Sebelum memulai negosiasi dengan pihak lain, tarik nafas dalam-dalam untuk menenangkan diri dan membuat pihak lain juga merasakan ketenangan.

Ucapkan kata per kata dengan tenang dan penuh percaya diri dan tidak terburu-buru. Jika terburu-buru maka pihak lain akan merasa Anda gugup dan takut.

Jangan gunakan ancaman karena hanya akan merusak hubungan Anda dengan pihak lain. Selalu menjalin hubungan yang baik dengan pihak lain adalah salah satu kunci untuk hidup sukses.

Kesimpulannya, negosiasi adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Dengan hanya mengubah beberapa hal yang Anda lakukan, Anda bisa menjadi negosiator yang lebih baik. Ingatlah untuk tetap tenang dan percaya diri dan tidak pernah menggunakan ancaman.

Negosiasi adalah bagian dari proses membangun hubungan baik jangka panjang.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.