Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

30 Mei 2013

Bagaimana Mempengaruhi Orang Lain



cara mempengaruhi orang lain
Kemampuan untuk secara positif mempengaruhi orang-orang di sekitar kita adalah keterampilan hidup yang penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Kemampuan mempengaruhi tidak terbatas hanya pada beberapa orang saja, tapi pada siapa pun yang ingin sukses dalam hidup. Siapa saja butuh mengasah kemampuannya untuk secara positif mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka dengan tujuan membantu atau mendukung mereka.

Kemampuan mempengaruhi bisa diartikan sebagai tindakan membujuk atau mengajak orang lain untuk suatu tindakan atau penerimaan tertentu. Mungkin terdengar seperti keterampilan yang akan membantu untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan mempercepat jalan menuju pencapaian serta makna dan pemenuhan yang diinginkan.

Ketika berbicara tentang meningkatkan kemampuan mempengaruhi orang lain, maka acuannya ada pada peningkatan keterampilan hidup, di mana kita terus mengasah kemampuan untuk meyakinkan, membujuk atau bernegosiasi dengan orang lain. Termasuk hal-hal seperti berdialog, bergaul dengan orang-orang, bertukar barang atau jasa, membujuk investor untuk mendukung ide-ide baru kewirausahaan, bernegosiasi dengan manajer bank untuk memperluas jaringan bisnis atau seorang pebisnis profesional yang menunjukkan kepada para pelanggannya keinginan tulus untuk membantu mereka.

Sejauh mana kita dapat berhasil mempengaruhi orang lain dalam kehidupan sehari-hari, akan sangat menentukan seberapa sukses bidang yang kita sedang geluti. Sebuah pepatah mengatakan, bukan apa yang kita tahu, tapi siapa yang kita kenal. Orang yang kita kenal sedikit atau banyak pasti akan mempengaruhi cara hidup kita. Bayangkan, berapa banyak orang yang mau mendukung kita. Jika kita berkonsentrasi dalam mengasah kemampuan untuk secara positif mempengaruhi mereka, sehingga mereka bisa melihat nilai yang kita tawarkan, mereka akan lebih mudah berada di belakang kita karena nilai yang kita miliki, daripada berada di belakang orang yang mungkin mengecewakan mereka.

Pertukaran nilai antara dua pihak tidak selalu dalam bentuk materi. Penerimaaan terbesar yang bisa kita terima dalam hidup adalah nilai-nilai kepercayaan dari orang lain. Pengakuan dari seseorang yang kita hormati atau dari seseorang yang pendapatnya benar-benar penting bagi kita adalah salah satu hadiah terbesar dalam hidup yang tidak semua orang bisa dapatkan. Penghargaan yang sangat pantas bagi mereka yang mampu secara positif mempengaruhi orang lain sehingga mampu melihat nilai-nilai yang benar dan asli dalam kehidupan, untuk kemudian mereka tingkatkan dengan menginvestasikan waktu dan usaha dalam mendukung satu sama lain.

Mempengaruhi adalah tentang interaksi kita dengan orang lain. Semakin kita mengasah kemampuan mempengaruhi, maka akan dengan mudah secara positif mempengaruhi orang-orang di sekitar kita untuk mendukung kita. Rahasia untuk membuat pengaruh yang kita buat benar-benar bekerja adalah selalu fokus untuk membantu orang lain. Ketika kita fokus pada cara-cara untuk membantu orang lain, mereka secara otomatis juga akan membantu dan mendukung kita. Ini akan membantu kita membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain, di mana semua orang saling membantu dan saling untung.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.