Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

11 Jun 2013

Hipnoterapi dan Manfaat Self-Hypnosis



hipnoterapi
Bukan rahasia lagi bahwa hipnoterapi telah digunakan sebagai teknik yang efektif untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi sejak puluhan tahun yang lalu. Banyak psikolog menggunakan hipnoterapi sebagai bagian penting dari terapi mereka untuk mengobati gangguan emosional dan mental pasiennya. Hipnoterapi sebagai self-hypnosis tidak hanya efektif tetapi juga sangat mudah dan siapa saja dengan sedikit latihan dan instruksi, dapat menjadikan hipnoterapi sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya. Hipnoterapi saat ini semakin populer dan diadopsi untuk mengatasi stres dan kecemasan, dan telah terbukti bermanfaat bagi banyak orang.

Bagaimana cara kerja hipnoterapi mengatasi stres?

Perasaan stres atau tertekan terkait sepenuhnya dengan otak. Palpitasi, telapak tangan berkeringat dan sesak di dada merupakan indikasi bahwa otak sedang mengalami overdrive. Hipnoterapi untuk stres bekerja pada inti permasalahan dengan menenangkan otak dan membawanya ke dalam keadaan santai dan tenang.

Salah satu teknik hipnoterapi paling mudah adalah menarik napas dalam-dalam. Bernapas yang dalam dapat menenangkan pikiran karena menjadikan detak jantung melambat sehingga perasaan sesak menjadi berkurang.

Selain itu, berlatih hipnoterapi secara teratur juga dapat membantu membuat berbagai perubahan gaya hidup. Hipnoterapi bekerja sebagai tindakan preventif dan kuratif untuk stres dan kecemasan, sebagai pengendali dan pengontrol emosi dan reaksi otak terhadap situasi yang membuat stres.

Hipnoterapi yang bekerja secara langsung dengan menggunakan pikiran, juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis secara signifikan. Rasa sakit adalah masukan sensorik di mana sinyal rasa sakit yang dikirim ke otak berasal dari sistem limbik yang merupakan asal muasal emosi. Dengan hipnoterapi, maka secara drastis dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan nyaman dalam situasi yang merugikan.

Hipoterapi merupakan metode yang sangat mudah dan juga merupakan obat yang sangat baik untuk masalah yang berhubungan dengan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Cara Menghipnotis Diri Sendiri (Self-Hypnosis)

Dasar dari setiap teknik self-hypnosis adalah mengistirahatkan pikiran terlebih dahulu sehingga bisa menghipnotis diri sendiri untuk menciptakan suatu kesadaran baru atau perubahan gaya hidup. Tujuannya adalah untuk membantu pikiran bawah sadar agar fokus, karena manusia secara sadar hanya menggunakan 10% dari pikirannya dan sisanya adalah pikiran bawah sadar. Saat manusia ingin mengulangi ingatan-ingatan yang positif, bahagia atau sehat, maka pikiran bawah sadarlah yang memainkan peran paling penting dan dominan.

Untuk self-hypnosis, pilihlah tempat yang tenang dan nyaman dan tidak terganggu serta suasana senyap yang jauh dari hingar bingar dan hiruk pikuk. Bisa juga dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau suara-suara alami seperti bunyi rintik air hujan, denting gelas saat mengaduk kopi, ayunan bandul pada desibel yang rendah. Apa pun suara atau musik yang Anda pilih, pastikan disetel dengan suara rendah.

Mulailah dengan berbaring atau duduk dalam keadaan rileks. Biarkan pikiran rileks dengan bernapas dalam-dalam dan fokus pada setiap napas. Selanjutnya lakukan afirmasi positif dengan diri sendiri dengan mengucapkan seperti "Saya menjadi lebih nyaman dan lebih rileks" "Saya bisa merasakan tubuh saya menjadi santai dan bersemangat" dan ucapan-ucapan positif lainnya. Terus mengulangi afirmasi-afirmasi tersebut akan mengirim sinyal ke otak dan akan memaksa pikiran bawah sadar untuk percaya pada afirmasi tersebut dan merubahnya menjadi kenyataan.

Sekarang, coba bayangkan sebuah lembah yang indah dengan bunga-bunga yang beraneka warna, bayangkan betapa indahnya pemandangan itu dan Anda merasa tenang dan nyaman dengan pemandangan itu. Sambil tetap fokus pada tarikan napas Anda, katakan pada diri sendiri "Saya bisa merasakan semua masalah saya hilang".

Jika mulai banyak pikiran-pikiran lain yang mengganggu konsentrasi Anda, katakan kepada diri sendiri "Pikiran saya seperti daun yang jatuh di atas air" atau "Saya seorang pengamat pikiran saya". Jangan biarkan pikiran-pikiran acak membuat Anda keluar dari zona itu, jika Anda mulai merasa terganggu oleh pikiran-pikiran lain, tetaplah fokus pada napas Anda dan tetaplah bernapas dalam-dalam. Anda juga dapat mengucapkan afirmasi lain yang dimulai dengan merasa santai dan nyaman.

Akhirnya, perlahan-lahanlah keluar dari hipnosis Anda sambil tetap stabil menjaga kecepatan napas.

Beberapa orang mendengarkan audio self-hypnosis yang tersedia di banyak web secara online, mirip dengan orang lain yang memerintahkan tubuh Anda untuk rileks. Audio self-hypnosis sangat cocok untuk pemula atau mereka yang merasa sulit berkonsentrasi untuk menenangkan diri.

Self-hypnosis memiliki manfaat yang sangat besar dan dapat membantu dalam menangani banyak masalah fisiologis dan psikologis. Mengadopsi metode ini sebagai kebiasaan akan membantu Anda untuk mempertahankan gaya hidup sehat.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.