Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

15 Nov 2013

Dampak Dan Pengaruh Stres Terhadap Tubuh



dampak dan pengaruh stres
Stres atau perasaan tertekan adalah bagian normal dan tak terhindarkan dari kehidupan. Stres adalah reaksi tubuh kita terhadap setiap perubahan yang kita alami yang memerlukan penyesuaian atau respon dari tubuh. Tubuh manusia dirancang untuk mengalami stres dan bereaksi terhadap setiap perubahan. Tubuh bereaksi terhadap setiap perubahan melalui tanggapan fisik, mental dan emosional. Masing-masing tubuh kita diprogram dengan respon "melawan atau lari" dari setiap perubahan, yang merupakan respon alami tubuh terhadap rasa takut atau bahaya, dan setiap kita menghadapi stres yang berbeda dengan cara yang berbeda pula.

Stres bisa berdampak positif dan memberi pengaruh yang bermanfaat terhadap tubuh, menjaga kita agar tetap waspada dan siap untuk menghindari bahaya. Tapi stres juga dapat berdampak negatif di saat seseorang menghadapi gangguan terus menerus tanpa bantuan atau relaksasi, gangguan yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh, pikiran dan jiwa.

Stres yang terus menerus tanpa bantuan dapat menyebabkan kondisi tubuh yang disebut distress, yang dapat menyebabkan gejala gangguan fisik termasuk sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, nyeri dada dan masalah tidur. Penelitian menunjukkan bahwa stres juga dapat memperburuk gejala-gejala tersebut atau menyebabkan penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes. 


Tags: dampak dan pengaruh stres


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.