Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

26 Sep 2013

Berkendara Aman Dengan Musik Mellow



berkendara aman
Sebuah alunan musik mellow nan lembut saat berkendara mobil dapat membuat Anda mengemudi lebih aman.

Mengemudi sambil mendengarkan musik yang bernada lembut-romantis adalah cara paling efektif untuk menenangkan diri saat mengemudi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam edisi 30 Agustus 2013 di jurnal Ergonomics.

Dari hasil penelitian itu diketahui bahwa musik dapat mempengaruhi suasana hati dan gaya mengemudi seseorang saat berkendara. Kecelakaan di jalan raya sering terjadi karena salah satu penyebabnya disinyalir pengemudi sedang mendengarkan musik "​​optimis dan bersemangat", yang menyebabkan gaya mengemudinya terlalu bersemangat dan cepat. Sedangkan musik mellow yang lembut dan santai berhubungan dengan gaya mengemudi yang tenang dan aman.

Yang mana lebih efektif antara pergantian/peralihan tiba-tiba atau bertahap dari musik "penuh semangat" ke musik mellow dalam mengubah suasana hati pengemudi?

Untuk mendapatkan jawabannya, para peneliti menguji beberapa "sopir" dengan menggunakan simulator yang dilengkapi berbagai jenis musik.

Pengemudi yang beralih ke musik mellow dan lembut secara tiba-tiba atau bertahap, keduanya mencapai tingkat ketenangan yang sama pada akhirnya. Namun, mereka yang beralih lebih cepat menjadi tenang lebih cepat dan hanya sedikit membuat kesalahan dalam mengemudi.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama mengemudi, perubahan mendadak dalam musik (dari musik "keras" ke "lembut") mampu menghadirkan ketenangan yang lebih fisiologis dan peningkatan kinerja mengemudi yang lebih baik dan dengan demikian lebih aman dan lebih efektif," ungkap Marjolein van der Zwaag, salah satu peneliti dari Philips Research Laboratories, Eindhoven.

Para peneliti tersebut juga mengatakan, temuan mereka juga bisa diberlakukan di kantor-kantor atau rumah sakit untuk mendorong suasana yang lebih santai dan nyaman.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.