Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

15 Sep 2013

Memilih Teman Untuk Pola Hidup Sehat



hidup sehat
Jika Anda merasa sulit untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat, coba ikuti saran dari hasil studi dalam jurnal Sciense: "Carilah teman yang memiliki karakter mirip dengan Anda."

Dalam studi yang dilakukan oleh Massachussetts Institute of Technology (MIT), sekitar 710 partisipan dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok I adalah partisipan yang berpasangan dengan partisipan lain yang memiliki karakter yang mirip berupa massa tubuh, usia, tingkat kebugaran dan preferensi diet, sedangkan kelompok II adalah partisipan yang dipasangkan secara acak.

Hasilnya, ternyata partsisipan yang dipasangkan dengan partisipan lain yang memiliki karakter yang mirip, 3 kali lebih mungkin menjalankan gaya hidup sehat dibandingkan dengan mereka yang dipasangkan secara acak.

"Kenyataannya, kita sebagai individu mungkin kurang termotivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik bila kita sendirian, ketimbang jika kita bersama dengan seorang atau beberapa teman bahkan teman yang kita temui di situs jejaring sosial," ujar Dr. Victor Fornani, direktur psikiatri anak dan remaja di North Shore-LIJ Health System, New Hyde Park, New York.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial yang paling efektif untuk meningkatkan usaha orang yang kelebihan berat bedan atau obes agar menerapkan perilaku sehat adalah lingkungan tempat ia berinteraksi dengan teman yang memiliki karakteristik kesehatan yang mirip dengannya.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.