Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

15 Okt 2013

Mengapa Anak Yang Cerdas Susah Makan?



anak malas dan susah makan
Ingin anak Anda mengkonsumsi makanan sehat? Tak usah repot-repot mengajari mereka tentang makanan bergizi, karena tidak akan membuat perubahan dalam cara mereka memilih makanan. Anak-anak dengan intuisinya, tahu mana makanan yang sehat.

Sebuah penelitian di Irlandia menemukan bahwa anak-anak (3-5 tahun) dapat mengidentifikasi makanan sehat ketika ditunjukkan kepada mereka gambar-gambar makanan sehat dan tidak sehat. Itu berarti mengajari mereka perbedaan antara makanan sehat dan tidak sehat tidak akan mempengaruhi cara anak memilih makanan.

Jadi apa yang mempengaruhi selera dan cara anak memilih makanan? Jawabannya, kebiasaan.

Selaku orang tua, Anda dapat mengajarkan kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu secara langsung kepada anak. Anak-anak tidak perlu tahu mengapa mereka makan ini dan tidak makan itu. Setelah anak-anak terbiasa mengkonsumsi makanan tertentu lebih sering daripada makanan lain, maka seperti itulah cara mereka berselera terhadap makanan.

Memilih makanan adalah persoalan matematis, kita lebih cenderung tertarik dan berselera pada makanan yang paling sering kita makan. Biasakan anak-anak Anda makan banyak buah-buahan dan sayuran maka mereka akan makan banyak buah dan sayuran. Setiap kali anak mengunyah makanan, itu tidak hanya membentuk seleranya, tapi juga membentuk bagaimana anak berpikir tentang makanan.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah coba perhatikan bagaimana cara Anda "menjual" makanan kepada anak-anak Anda. Apakah ketika Anda menyajikan makanan Anda berbicara tentang gizi: "Makan makanan ini supaya kamu tumbuh menjadi besar dan kuat, makanan ini memiliki banyak vitamin lho!" Atau Anda berbicara tentang rasa: "Wow, enaknya." Cara mana yang lebih menggugah selera anak Anda untuk makan? 


Tags: Anak Susah Makan


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.