Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

22 Jun 2012

Teori Motivasi Abraham Maslow



teori motivasi abraham maslow
Abraham Maslow (1908-1970) bersama dengan Frederick Herzberg (1923- ) memperkenalkan Sekolah Neo-Human Relations di tahun 1950, yang berfokus pada kebutuhan psikologis karyawan. Maslow mengajukan sebuah teori motivasi bahwa ada lima tingkat kebutuhan manusia sebagai pekerja yang harus telah terpenuhi di tempat kerja, yaitu: 

1. Aktualisasi Diri 

2. Penghargaan, Kebutuhan Hidup, Status Pribadi 

3. Kebutuhan Sosial, Rasa Memiliki, Cinta 

4. Kenyamanan, Rasa Aman 

5. Kebutuhan Fisik (makan, minum, pakaian) 

Semua kebutuhan yang terstruktur menjadi sebuah hirarki dan jika tingkat yang terendah (no. 5) dari kebutuhan telah terpenuhi, manusia akan termotivasi oleh kesempatan untuk memiliki kebutuhan berikutnya dalam tingkakatan kepuasan hidup mereka. Misalnya orang yang sedang kelaparan karena kekurangan makanan akan termotivasi untuk mendapatkan upah seberapapun besarnnya demi bisa membeli makanan sebelum memikirkan memiliki pekerjaan tetap atau penghargaan dari orang lain. 

Sebuah perusahaan yang mempekerjakan karyawan karenanya harus menawarkan insentif yang berbeda kepada pekerjanya dalam rangka membantu mereka memenuhi setiap kebutuhannya serta peningkatan kualitas hidup para karyawan.

Seorang manajer juga harus menyadari bahwa tidak semua karyawannya termotivasi dengan cara yang sama dan tidak semua mampu mencapai tingkat kesejahteraan hidup pada kecepatan yang sama. Oleh karena itu, para manager mungkin harus menawarkan satu set insentif yang sedikit berbeda antara satu karyawan dengan karyawan lainnya.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.