Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

13 Jul 2012

Negara Terkecil di Dunia



Negara yang luas wilayahnya terkecil di dunia:

1. Vatikan 
negara terkecil di dunia
Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dan terletak di Roma, ibukota Italia. Luas wilayahnya hanya sekitar  0,17 mil persegi (0,44 km persegi atau 108 hektar). 

2. Monaco 
negara terkecil di dunia
Monaco adalah negara kedua terkecil di dunia dan terletak di antara Tenggara Perancis dan Laut Mediterania. Luas Monaco hanya 0,77 mil persegi. Negara ini hanya memiliki satu kota resmi, Monte Carlo, yang terkenal sebagai tempat liburan beberapa orang terkaya di dunia. Penduduk Monaco berjumlah sekitar 33.000 orang. 

3. Nauru 
negara terkecil di dunia
Nauru adalah negara pulau yang terletak di Samudera Pasifik Selatan di wilayah Oseania. Luasnya hanya 8,5 mil persegi (22 km persegi). Nauru memiliki perkiraan penduduk 9.322 orang di tahun 2011. Nauru merdeka dari Australia pada tahun 1968 dan sebelumnya dikenal sebagai Pleasant Island. Nauru tidak memiliki ibukota resmi. 

4. Tuvalu 
negara terkecil di dunia
Tuvalu adalah sebuah negara pulau kecil yang terletak di Oseania, antara negara bagian Hawaii dan Australia. Luas total Tuvalu hanya 9 mil persegi. Tuvalu memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat pada tahun 1978. Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah rumah bagi 12.000 orang. 

5. San Marino 
negara terkecil di dunia
San Marino memiliki luas 24 mil persegi. San Marino terletak di Mt. Titano di utara Italia dengan jumlah penduduk sebanyak 32.000 orang. Negara yang mengklaim dirinya sebagai negara tertua di Eropa, yang didirikan pada abad ke empat.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.