Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

14 Jun 2013

Cara Sehat Makan Mie Instan



cara sehat makan mie
Ahli gizi Afrinia Ekasari menuturkan, mie instan terbuat dari bahan dasar tepung, terigu, telur, air dan mineral, serta dilengkapi bumbu dan minyak sayur. Memang ada kandungan vitamin, tapi pada faktanya, jauh dari standar untuk memenuhi angka kebutuhan gizi. Terutama bagi anak-anak. Karena itu, untuk memenuhi zat gizi, sebaiknya mie instan ditambahkan sayuran dan protein hewani seperti telur, ayam atau udang. 

Andi Imam Arundhana, ahli gizi dari Universitas Hasanuddin menguraikan bahwa saat sarapan seseorang membutuhkan sekitar 15-25 persen dari kebutuhan zat gizinya. Sementara kandungan mie instan baru memenuhi sekitar 16 persen kebutuhan karbohidrat dan lemak seseorang (kebutuhan 2.000 kkal). 

Terkait dengan adanya bahan pengawet dalam mie instan, Andi dan Afrinia menyarankan agar ketika memasak mie instan, air rebusan pertamanya dibuang. Hal itu perlu dilakukan untuk membuang pengawetnya. Barulah mie instan dimasukkan ke dalam air mendidih yang baru, sehingga kadar pengawetnya keluar. 

Kalaupun terpaksa harus mengkonsumsi mie instan, durasi paling banyak 4-5 hari sekali, hal tersebut dikarenakan sistem sekresi manusia butuh setidaknya sekitar empat hari untuk menghilangkan kandungan bahan pengawet dari tubuh. Cara lain yang bisa ditempuh untuk meminimalisasi masuknya bahan pengawet ke dalam tubuh kita adalah tidak menggunakan bumbu bawaan dari mie. 


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.