Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

11 Des 2012

Meningkatkan Kemampuan Ingatan



meningkatkan kemampuan ingatan
Beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan ingatan:

1. Pemaknaan. Materi yang bermakna akan semakin mudah diingat. Mudah untuk mempelajarinya. Semakin tertarik semakin tergelitik. Semakin indah semakin bergairah. Semakin dalam semakin tenggelam dan terhanyut. Pemaknaan dibangun karena kedekatan atau familiar.

2. Kedekatan. Semakin akrab dan banyak tahu tentang suatu hal, semakin mudah menguasai informasi baru mengenai hal itu. Artinya, informasi akan lebih mudah diingat bila sebelumnya telah ada informasi sejenis dalam ingatan.

3. Bersajak. Informasi yang dikemas dalam bentuk sajak mudah dipelajari dan dihafal. Karena sajak bikin enak, puisi asli bikin kesan indah di hati, lebih menginsiprasi, bukan sekadar jadi informasi.

4. Berpola. Rancangan pola akan membuat belajar lebih bergairah. Pola atau aturan tertentu pada informasi yang akan dipelajari dan diingat menjadikan informasi itu akan lebih mudah diingat dan lebih melekat. Misalnya nomor HP 081221131161 akan lebih mudah diingat dengan pola 0812-211-311-61.

5. Membuat Singkatan. Misalnya, untuk menjadi hero [singkatan dari: Happy Ending fullbaROkah] harus punya ide-ide besar. Singkatan seperti ini sangat menguntungkan karena tidak perlu menghafal seluruh rentetan kata-kata panjang.

6. Mengatur dan Menyusun. Segala yang tersusun atau terstruktur akan memudahkan cara. Ini sangat berguna untuk mapping ide dan gagasan sehingga lebih sistematis. Pengaturan dan penyusunan bisa berdasarkan urutan abjad, kronologis kejadian, prioritas atau tingkat kesulitan. 

7. Hubungkan dengan hal-hal yang sudah diketahui. Ini akan memperkuat daya ingat. Misalnya, saat berkenalan dengan orang baru coba kaitkan dengan figur tertentu yang sudah lama dikenal.

8. Visualisasi. Apa yang ingin dingat, coba bayangkan dalam pikiran. Visualisasi atau melihat gambar dalam pikiran turut membantu meningkatkan kemampuan mengingat. Mereka yang memiliki gambaran hidup yang lebih jelas dan akurat, akan lebih sukses.

9. Tumbuhkan Minat. Semakin berminat dan semakin tertarik pada sesuatu tentu sesuatu itu semakin nikmat untuk diingat.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.