Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

10 Des 2012

Tips Sukses Melakukan Presentasi



tips sukses melakukan presentasi
Jika Anda seorang presenter atau public speaker dan sering melakukan presentasi, tentu pernah mendapatkan audiens atau peserta yang banyak tingkah seperti suka berisik, berbicara seenaknya dalam forum, protes, keluar masuk ruangan, datang terlambat dan lain-lain.

Sebagai seorang presenter atau public speaker, Anda harus pintar-pintar mencari solusi untuk mengatasi keadaan seperti itu, jika tidak maka bisa berimbas pada gagalnya presentasi Anda.

Beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda agar bisa sukses sebagai presenter atau public speaker yaitu:

1. Selalu berpikir positif dalam kondisi apapun. Aksi selalu diawali oleh reaksi. Membangun pikiran postif jauh lebih baik daripada bereaksi negatif terhadap keadaan yang tidak mengenakkan.

2. Jangan lupa untuk selalu mengoreksi diri sendiri alias introspeksi diri. Perhatikan penampilan Anda, bahasa tubuh, gaya bicara, pilihan kata atau diksi dan segala hal yang memungkinkan untuk Anda perbaiki dan tingkatkan.

3. Hindari menyalahkan audiens atau peserta. Dalam sebuah acara, yang berpotensi melakukan kesalahan adalah presenter bukan peserta.

4. Jangan terlalu cemas atau khawatir dengan audiens Anda. Komunikator yang baik adalah mereka yang selalu mengembalikan segala sesuatu kepada dirinya sendiri dengan terus melakukan introspeksi diri. Segalanya kembali kepada Anda, Andalah yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kesuksesan Anda dan tentunya kesuksesan acara Anda.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.