Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

23 Feb 2013

Manfaat Mendengarkan Musik



manfaat mendengarkan musik
Beberapa manfaat mendengarkan musik:

1. Meningkatkan Stamina
Bila Anda membutuhkan sebuah semangat, mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Berdasarkan sebuah penelitian, mendengarkan musik secara otomatis akan meningkatkan stamina seseorang. Peningkatan stamina bergantung pada perasaan atau mood. Jadi, ketika seseorang mendengarkan musik maka mood menjadi naik dan akan berpengaruh terhadap staminanya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Percaya atau tidak, mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat, telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

3. Meningkatkan Kinerja
Sebuah jurnal dunia kerja memaparkan, pegawai yang masih muda memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mereka mendengarkan musik tanpa lirik. Musik instrumental akan membantu Anda fokus melakukan pekerjaan kantor.

4. Membantu Agar Fokus
Dari hasil penelitian seorang peneliti dari Mental Health Charity Mind, Bridge O'Connell, mengemukakan bahwa mendengarkan musik ternyata dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. "Kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak agar tetap terjaga sesuai tujuan yang kita ingin lakukan, dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, salah satu caranya dengan mendengarkan musik," jelas Connell.

5. Mengurangi Rasa Stres
Berdasarkan penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Yale, Amerika Serikat, seseorang yang dalam tingkatan stres tinggi dapat diturunkan tingkat stresnya dengan hanya mendengarkan musik selama 30 menit.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.