Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

15 Apr 2013

Solusi Untuk Anak yang Malas Belajar



solusi untuk anak yang malas belajar
Untuk mengatasi masalah anak yang malas belajar, para orang tua harus pintar-pintar mengamati penyebab utama anak kehilangan semangat belajarnya. Orang tua terkadang tidak sabaran ketika menghadapi anak yang malas belajar sehingga tidak jarang justru bersikap keras kepada anak seperti dengan nada mengancam, dengan tujuan agar anak mau menurut. Padahal cara tersebut justeru tidak efektif dan bisa membuat anak makin tak bersemangat untuk belajar.

Sebaiknya diamati dulu alasan apa yang membuat anak malas belajar, apakah ada gangguan atau si anak terlalu lelah setelah pulang sekolah dan kursus. 

Apabila anak ternyata lelah, maka sebaiknya beri mereka waktu untuk beristirahat terlebih dahulu. Setelah anak sudah mulai segar dan bisa beraktifitas kembali, coba ciptakan suasana yang mendukung mereka untuk belajar, serta jangan lupa siapkan alat peraga yang kira-kira menarik minat mereka untuk belajar.

Hal terpenting adalah buat anak senyaman mungkin, dengan menyiapkan dari awal alat yang mampu menarik minatnya untuk belajar.

Misalkan belajar Matematika, jangan hanya sekadar teori 3 X 4 = 12. Tapi gunakan alat peraga atau permainan sehingga anak tidak bosan dan mampu memahami konsep dasarnya, bukan sekadar menghafal.

Dan yang tidak boleh dikesampingkan adalah waktu atau durasi belajar. Terlalu lama belajar bisa membuat anak bosan dan apa yang sedang dipelajarinya tidak akan terserap secara optimal. Untuk itu, waktu belajar di rumah sebaiknya tidak terlalu lama karena sebelumnya anak sudah sibuk belajar di sekolah.

Durasi waktu belajar di rumah jangan terlalu panjang, misalnya cukup 15 menit saja dulu untuk mengerjakan soal, setelah itu diganti dengan aktifitas lain, sehingga anak tidak bosan dan tidak kehilangan minat belajar.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.