Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

27 Jun 2013

Teori Kesedihan



teori kesedihan
Seseorang bertanya, mengapa kesedihan ada, mengapa harus ada yang namanya kesedihan, mengapa orang bersedih?

Seseorang yang bijak kemudian menjawab:

"Mereka yang sedang bersedih karena masih terpenjara oleh sejarah hidup mereka masing-masing. mereka umumnya percaya bahwa tujuan utama dalam hidup adalah mengikuti apa yang telah direncanakan atau diprogram. Tapi mereka tidak pernah bertanya pada diri mereka sendiri apakah rencana atau program hidup yang mereka jalani adalah hasil rancangan mereka sendiri atau dibuat oleh orang lain. Mereka mengumpulkan pengalaman, kenangan, hal-hal dan ide-ide orang lain karena semua itu terlihat lebih mendekatkan kepada harapan dan impian mereka sehingga mereka tak sempat punya rencana hidup sendiri. Akhirnya, saat mereka sadar tidak sedang menjadi diri sendiri atau kenyataan tidak sesuai dengan harapan dan impian mereka, mereka pun bersedih.

Tapi, kesedihan bisa memberikan kita kedalaman makna saat kebahagiaan menjadikan kita merasa "tinggi" dan terlena. Kesedihan akan memberikan kita pijakan yang kuat saat kebahagiaan mulai bercabang. Jika Kebahagiaan ibarat pohon yang tumbuh menjulang ke langit maka kesedihan adalah akarnya yang sangat membumi. Keduanya-kebahagiaan dan kesedihan-selalu dibutuhkan. Semakin tinggi pohon kebahagiaan bertumbuh maka secara bersamaan semakin dalam pula akarnya menghunjam. Semakin besar pohon, semakin besar pula akar-akarnya. Selalu seperti itu agar hidup tetap seimbang."

Terkadang ada saat-saat ketika kita berharap bisa memutar waktu kembali ke masa-masa tertentu, hanya mengambil hal-hal yang membahagiakan dan membuang jauh-jauh semua kesedihan, tapi jika kita benar-benar bisa memutar ulang waktu, bisa membuang semua kesedihan, apakah semua kebahagiaan masih tetap ada bersama kita? Apakah waktu mau menyediakan hanya kebahagiaan untuk kita?

Coba kita perhatikan sebelum dan sesudah saat ini, pernah dan akan selalu ada tawa yang begitu tulus dan juga rasa sedih yang mungkin sangat menyesakkan. Bahkan sebuah lagu yang paling romantis tidak jarang lahir dan terinspirasi dari momen yang paling menyedihkan.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.