Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

23 Jul 2013

Keuntungan Berbisnis Sejak Usia Muda



berbisnis sejak muda
Beberapa pernyataan mungkin sering Anda dengar ketika hendak memulai bisnis, misalnya Anda harus menunggu sampai Anda tua untuk memiliki bisnis yang besar atau Anda harus memiliki pengalaman nyata yang cukup banyak sebelum memulai bisnis. Namun sebelum Anda percaya terhadap pernyataan-pernyataan seperti itu, luangkan waktu sejenak untuk berpikir atau memperhatikan bagaimana mereka yang saat ini mencapai kesuksesan karena berani memulai bisnis di usia muda, seperti:

> Bill Gates yang meninggalkan pendidikannya di Harvard untuk membuat Microsoft.
> Michael Dell yang juga meninggalkan University of Texas untuk membangun Dell.
> Milton Hershey membuka toko permennya saat berusia 18 tahun.
> Fred Smith yang saat kuliah di Yale mendapatkan nilai C pada mata kuliah rencana bisnis namun tetap memulai FedEx.
> Steve Jobs yang meninggalkan Reed University untuk membangun Apple.
> William Hawlett dan David Packard memulai HP dari garasi setelah lulus dari Stanford.

Bagaimana bila orang-orang tersebut tidak memulai bisnisnya sejak usia muda? Mungkin dunia tak akan pernah mengenal Microsoft, Dell, Hersey, FedEx, Apple, HP dan lain-lain.

Beberapa keuntungan mulai berbisnis sejak muda:

1. Mudah Memiliki Harapan Tinggi

Seseorang yang terlanjur tua biasanya memiliki harapan yang kurang banyak dibandingkan dengan anak muda. Sebaliknya, seseorang yang masih muda dengan harapan yang banyak hanya perlu dipoles meskipun memang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih.

2. Lebih Sedikit Kompetitor

Jika Anda seorang siswa atau mahasiswa, berapa banyak teman Anda yang ingin menjadi pengusaha? Jawabannya pasti tidak banyak. Inilah kesempatan Anda untuk memulai lebih awal rencana usaha bisnis Anda.

3. Banyak Sumber Daya Yang Mendukung Upaya Anak Muda 

Ada banyak organisasi nirlaba dan individu yang fokus dan bersedia secara khusus untuk mendukung pengusaha muda. Jika Anda masih bersekolah atau kuliah, guru atau dosen Anda dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi komunitas bisnis yang bisa Anda tindak lanjuti untuk tujuan bisnis Anda.

4. Penghasilan Sekunder

Saat Anda masih bersekolah atau kuliah, sumber penghasilan Anda tentunya dari orang tua. Jika Anda sudah memiliki bisnis meskipun masih kecil-kecilan, Anda mungkin tidak perlu lagi tergantung pada dana yang bersumber dari orang tua.

5. Sinergi Antara pendidikan Dan Bisnis

Pengetahuan praktis yang Anda peroleh dari menjalankan bisnis dapat membantu kegiatan pendidikan Anda secara akademis begitu pula sebaliknya. Beberapa lembaga pendidikan memberikan kredit akademik tersendiri dengan melakukan sebuah studi terhadap bisnis.

6. Kreatifitas Yang Sedang Tinggi

Anak muda biasanya memiliki perspektif yang segar, perspektif yang sangat cocok untuk melihat berbagai peluang bisnis yang belum dimanfaatkan. Para pendiri Microsoft, Yahoo, Dell, FedEx melihat peluang unik ketika mereka masih mahasiswa.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.