Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

27 Jul 2013

Memilih Powerbank Yang Tepat Untuk Smartphone



memilih powerbank yang tepat untuk smartphone
Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pengguna ponsel atau smartphone adalah umumnya smartphone membutuhkan banyak daya (tenaga), sehingga sering menyebabkan baterai tidak mampu bertahan lama. Solusinya, dibuatlah powerbank sebagai sumber listrik portabel eksternal untuk memudahkan isi ulang daya pada baterai ponsel atau smartphone.

Kebanyakan smartphone saat ini menggunakan baterai berjenis Li-Polymer sebagai sumber dayanya, sedangkan kebanyakan powerbank menggunakan baterai silinder atau prismatik Li-Ion. Kelemahan dari baterai Li-Ion adalah daya tahannya yang sangat lemah jika beroperasi pada suhu tinggi (45°C atau lebih). Sedangkan Baterai Li-Polymer memiliki daya tahan kuat terhadap suhu yang tinggi dan masih bisa beroperasi lebih dari 4 jam dalam suhu 85°C tanpa banyak masalah.

Masalah lain pada 2 jenis baterai Li-Ion dan Li-Polymer adalah akan terasa panas saat dicharge dalam waktu yang lama. Meskipun disediakan IC overcharge pada papan sirkuit setiap charger yang berfungsi menghentikan pengisisan daya saat baterai sudah terisi penuh, namun jika IC overcharge tidak berfungsi maka baterai rawan terbakar atau meledak ketika proses charge dilakukan berlebihan.

Menghitung Kapasitas Daya dan Kemampuan Charge Powerbank

Saat ini di pasaran tersedia banyak powerbank dengan beragam kapasitas daya mulai dari 3.000 mAh sampai 20.000 mAh atau lebih tinggi. Untuk kapasitas daya baterai smartphone, maka kisarannya seperti berikut ini:

- Blackberry: + 1.150 - 1.500 mAh
- Samsung Android: + 1.500 - 2.500 mAh
- IPhone: + 1.500 mAh
- Tablet 7": + 4.000 mAh
- Tablet 10": + 7.000 mAh
- iPad 2: + 6.930 mAh
- iPad 3: + 11.500 mAh
(Untuk lebih tepat dan jelasnya, coba periksa baterai smartphone Anda)

Jika misalnya powerbank Anda memiliki kapasitas daya 6.000 mAh dan baterai Blackberry Anda berkapasitas 1.450 mAh, maka idealnya powerbank Anda dapat digunakan sebanyak 4 kali untuk mencharge Blackberry Anda (6.000 mAh : 1.500 mAh = 4)

Waspadai Powerbank Murah Dengan Klaim Memiliki kapasitas mAh Tinggi

Beberapa produk powerbank di pasaran dijual dengan harga murah dan mengklaim memiliki kapasitas mAh yang sama dengan powerbank mahal dan bermerk terkenal, namun setelah dibeli dan digunakan, nyatanya tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Seharusnya, powerbank yang mengklaim memiliki kapasitas 6.000 mAh bisa digunakan sebanyak 4 kali untuk mencharge Blackberry, namun kenyataannya kebanyakan powerbank murah dengan klaim kapasitas 6000 mAh hanya bisa digunakan maksimal 2 kali charge pada Blacberry berdaya 1.450 mAh. Hal tersebut dimungkinkan karena baterai yang digunakan memiliki kapasitas daya jauh di bawah 6.000 mAh atau mungkin menggunakan baterai bekas.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.