Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

25 Jul 2013

Syarat Menjadi Pebisnis Sukses



syarat menjadi pebisnis sukses
Apa motivasi Anda ketika hendak memulai suatu bisnis? Umumnya, kebanyakan kita ingin memulai suatu usaha karena termotivasi untuk memperoleh kebebasan waktu, memperoleh kemakmuran dan kesejahteraan, menjadi kontributor bagi kelompok masyarakat tertentu atau agar dikenal sebagai pebisnis sukses.

Tidak ada yang salah dengan semua niat dan impian tersebut, namun yang juga perlu disadari juga adalah apakah setiap impian Anda telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan Anda? Atau impian-impian Anda malah membuat Anda tidak menikmati kehidupan sehari-hari Anda?

Banyak pebisnis yang baru menjalankan bisnisnya selama 1-2 tahun, awalnya sangat termotivasi untuk mendapatkan keuntungan finansial sebanyak-banyaknya dari bisnisnya, namun kemudian merasakan adanya ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga mempertanyakan kembali apakah bisnis yang sedang digelutinya sudah tepat? Keraguan seperti itu membuat beberapa pebisnis pemula memilih untuk beralih profesi atau mencoba bisnis yang lain dari nol lagi.

Sebaiknya, bisnis apapun itu seharusnya dilihat sebagai media untuk mengembangkan kualitas hidup. Kualitas hidup yang berkembang baik tidak hanya penting bagi kehidupan sehari-hari tapi juga sangat berguna bagi perkembangan bisnis itu sendiri.

Kualitas hidup apa saja yang sangat penting untuk dimiliki agar bisa menjadi pebisnis sukses?

1. Kualitas Leading Self

Kualitas leading self adalah kemampuan menerapkan nilai-nilai tertentu yang dianggap baik ke dalam kehidupan pribadi sehari-hari. Bila Anda menganggap kejujuran sebagai nilai yang sangat perlu Anda miliki untuk menjadi pebisinis sukses, maka Anda harus secara konsisten menerapkan kejujuran dalam setiap bagian kehidupan sehari-hari Anda. Kemampuan untuk membuka diri dan menerima secara terbuka saran-saran dari orang lain dan kemudian menindaklanjuti saran-saran tersebut secara personal juga merupakan salah satu kualitas leading self. Kualitas leading self intinya adalah kualitas yang menggambarkan kemampuan diri Anda mengembangkan secara baik dan terus menerus keyakinan-keyakinan pribadi Anda.

2. Kualitas Leading Others

Sebagai pebisnis dan pemilik bisnis tentunya Anda berposisi sebagai pemilik sekaligus pemimpin bisnis Anda. Jika Anda mempekerjakan beberapa orang dalam bisnis Anda, maka Anda harus memiliki perhatian dan kepedulian untuk pengembangan kualitas pribadi Anda dan kualitas seluruh orang yang menjadi bawahan Anda. Kemampuan Anda berkomunikasi dengan baik dan penuh kepedulian dengan bawahan Anda yang didasari rasa saling percaya adalah kualitas leading others yang Anda miliki, begitu juga kemampuan mengambil keputusan untuk pengembangan bisnis dan pengembangan kualitas kinerja bawahan Anda. Kualitas leading others ini juga sangat bermanfaat untuk Anda gunakan saat berhubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis Anda.

Jadikanlah bisnis Anda sebagai alat atau media untuk mengembangkan kualitas hidup Anda sebagai manusia dan hamba Allah. Dengan seperti itu, bukan hanya kesejahteraan dan kebebasan waktu yang Anda peroleh, tapi Anda juga akan menikmati setiap proses yang sedang berlangsung dalam bisnis Anda.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.