Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

11 Agu 2013

Syarat Menjadi Penulis Fiksi



fiksi
Jika Anda bercita-cita untuk berkarir sebagai penulis fiksi, maka berikut ini 10 syarat yang sebaiknya Anda miliki:

1. Hasrat 
Anda harus berhasrat dan merasa lapar, rela mengorbankan waktu dan uang, menahan tekanan hebat rasa frustasi. Jika Anda tidak punya hasrat kuat, Anda pasti akan kalah. Lebih baik cari karir lain.

2. Disiplin 
Tugas Anda adalah memproduksi kata. Targetkan kata yang harus Anda tulis setiap hari, usahakan target Anda terpenuhi dalam 6 hari seminggu.

3. Komitmen 
Anda tak bisa begitu saja menghasilkan tulisan fiksi. Kata Leonard Bishop: "Karakter dramatis, plot yang memukau, ketegangan dan keseruan aksi tidak didapat secara kebetulan atau karena keberuntungan." Karya fiksi yang hebat adalah hasil ketekunan mempelajari dan keingintahuan yang besar tentang seni fiksi. Itulah cara untuk mendapatkan imajinasi, pengalaman, lalu hasil.

4. Sabar 
Menulis fiksi butuh waktu, tapi jika Anda bisa melakukan poin 1, 2, 3 maka Anda akan mampu menulis lebih cepat.

5. Jujur 
Anda harus mau mengakui kelemahan bakat kepenulisan Anda.

6. Ngotot Belajar
Bakat Anda tidak istimewa. Lihat tulisan orang lain.

7. Bersikap Keren
Kembangkan kecerdasan bisnis dan profesionalisme. Bukan beli dasi. Apa hubungannya dengan menulis fiksi? Anda akan tahu sendiri nanti.

8. Pantang Mundur
Anda adalah seekor badak yang terus maju meski tulisan Anda ditolak, dibuang 1 kilometer jauhnya pun jika itu memang terjadi, kejar, ambil, perbaiki lagi.

9. Visi
Jangan tanya "Apakah saya bisa menulis" tapi tanya "Apakah saya memang seorang penulis". Hati-hati dan jujurlah dalam menjawab. Jawaban palsu atas pertanyaan yang mana pun bisa menyengsarakan hidup Anda dengan sangat hebat.

10. Bakat
Jika bakat Anda lemah, bisa diperbaiki dengan 9 karakter di atas, tapi selalulah mawas diri. Jangan berhenti melihat dan mempertanyakan perkembangan karir kepenulisan Anda. Apakah Anda bisa berkembang sebagai seorang penulis? Apakah ada atau seberapa banyak yang sudah Anda pelajari dari profesi impian Anda itu? Pikirkan lagi bakat Anda, tinjau lagi, rencanakan ulang lagi.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.