Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

28 Okt 2013

Manfaat Tidur Bagi Kesehatan



manfaat tidur bagi kesehatan
Kurang tidur diketahui dapat menyebabkan konsentrasi melemah dan gampang marah. Dalam kasus yang lebih serius, kurang tidur dapat memicu gangguan bipolar, meningkatkan risiko migrain dan kejang.

Sebagian besar studi tentang otak pada hewan dan manusia (anak-anak), ditemukan ada perbedaan besar dalam metabolisme dan fungsi tubuh khususnya otak saat tidur vs terjaga. Pada hewan khususnya tikus, para peneliti menggunakan pelacak fluoresen untuk melacak aliran cairan antara sel-sel otak dan melalui sistem saraf pusat selama terjaga dan tidur. Mereka menemukan bahwa ruang antara sel di otak meningkat dari 14% sampai 23% selama tidur dan anestesi. Mereka juga menemukan bahwa amiloid dibersihkan jauh lebih efisien saat tertidur.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berbagai metode dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Cahaya terang di pagi hari dapat memperkuat pola ritme sirkadian, memperbaiki kualitas tidur di malam hari dan mengurangi depresi musiman. Siapapun yang mengalami insomnia harus menghindari kafein dan stimulan lainnya setelah tengah hari. Produk alami tertentu, seperti magnesium dan melatonin (paling baik digunakan untuk jangka pendek) dapat membantu tidur nyenyak di malam hari, atau latihan tertentu seperti pernapasan, praktek mindfulness dan yoga terbukti dapat menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak.

Penggunaan obat penenang mungkin menyebabkan tidur nyenyak di awal malam, tetapi cenderung susah tidur pada paruh kedua malam. Namun, pada kasus insomnia akut atau insomnia kronis yang disebabkan oleh stres tertentu, penggunaan obat penenang untuk waktu yang singkat dapat berguna untuk mencegah insomnia akut dan kronis, tetapi harus berhati-hati untuk menghindari efek samping dan efek ketergantungan. Akhirnya, pastikan kamar tidur Anda gelap dan sejuk, tapi tidak dingin dan tidurlah dengan menggunakan pakaian yang longgar.

Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Otak manusia membersihkan dirinya sendiri secara keseluruhan saat tertidur. Anda telah menjaga kesehatan otak dan kognisi Anda hanya dengan tidur yang cukup dan teratur setiap hari. Meskipun di siang hari Anda tidak cukup waktu untuk tidur, otak yang beristirahat dengan cukup tidur di malam hari dapat menjadikan Anda lebih produktif dan bekerja jauh lebih efisien, sehingga Anda terus merasa sehat dan baik serta dapat melakukan banyak hal di waktu yang bersamaan. 


Tags: manfaat tidur, kesehatan


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.