Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

1 Nov 2013

Lebih Mudah Berbohong Di Sore Hari



sore hari
Sebuah temuan yang dipublikasikan di  journal of the Association for Psychological Science menyatakan bahwa kita lebih cenderung menjadi tidak jujur ​​di sore hari daripada di pagi hari.
 

Para peneliti bertanya-tanya: Apakah lebih mudah berbohong, menipu, mencuri, dan terlibat dalam perilaku yang tidak etis lainnya di sore hari daripada di pagi hari? Para peneliti ingin menguji apakah aktifitas normal di siang hari cukup untuk menguras kontrol diri dan meningkatkan perilaku yang tidak jujur setelah siang hari.

Peserta yang umumnya mahasiswa ditunjukkan berbagai pola titik pada layar komputer. Mereka diminta untuk mengidentifikasi jumlah titik yang ditampilkan di sisi kiri dan kanan layar komputer. Para peserta dibayar berdasarkan hasil identifikasi mereka tentang sisi layar yang memiliki lebih banyak titik dan mereka dibayar 10 kali lipat jika mereka memilih sisi kanan daripada kiri. Artinya, peserta berpeluang mendapatkan bayaran yang lebih banyak jika memilih sisi kanan, bahkan jika jumlah titik agaknya lebih banyak di sisi sebelah kiri. Hasilnya, peserta yang diuji pada pukul 08:00 - 12:00 lebih jujur dibandingkan dengan peserta yang diuji pada pukul 12:00 - 18:00. Para peneliti kemudian menyebut kasus ini sebagai "efek moralitas pagi hari".

Selain itu, peneliti juga menguji kesadaran moral para peserta di pagi dan sore hari dengan fragmen kata seperti "__ RAL" dan "E_ __ C_ _". Peserta pagi lebih banyak membentuk kata-kata "moral" dan "ethical," sedangkan peserta sore cenderung membentuk kata-kata "coral" dan "effects". Hal ini semakin membuktikan kebenaran "efek moralitas pagi". 

Para peneliti mencatat bahwa hasil penelitian mereka dapat memberi implikasi bagi organisasi atau perusahaan yang ingin mengurangi perilaku tidak etis para karyawannya. Misalnya, sebuah organisasi atau perusahaan mungkin perlu lebih waspada terhadap pelanggan atau karyawan mereka di sore hari daripada di pagi hari. 


Tags: lebih mudah berbohong di sore hari


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.