Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

2 Nov 2013

Manfaat Nostalgia



manfaat nostalgia
Nostalgia secara sederhana adalah ingatan positif tentang masa lalu. Ketika seseorang sedang bernostalgia, ia "sedang hidup" di masa lalu. Pada saat itu, masa lalu tampak kemerahan dan kelihatan lebih indah dari sekarang. Nostalgia dapat disebabkan oleh pikiran tentang peristiwa masa lalu, atau tentang tempat-tempat yang telah dikunjungi sebelumnya, bahkan dengan mendengar sebuah lagu dapat membawa nostalgia ke hal-hal yang telah terjadi. 

Apakah ada manfaat nostalgia? Yang jelas, setiap kali Anda fokus pada ingatan positif tentang sesuatu, Anda cenderung mendapatkan dorongan perasaan positif.

Masalah ini dibahas dalam sebuah makalah edisi November 2013, Personality and Social Psychology Bulletin. Kesimpulannya, nostalgia sebenarnya membuat orang lebih optimis tentang masa depan.

Dalam sebuah studi, para peneliti meminta peserta menulis esai pendek tentang peristiwa masa lalu yang membuat mereka merasa bernostalgia. Dengan menggunakan software Linguistic Inquiry and Word Count (LIWC), para peneliti menganalisa kata yang digunakan dalam esai. LIWC menghitung berbagai jenis kata-kata yang muncul dalam teks, termasuk kata-kata yang berhubungan dengan optimisme. Para peserta ternyata menulis tentang peristiwa nostalgia dengan menggunakan lebih banyak kata yang berhubungan dengan optimisme daripada ketika mereka menulis tentang peristiwa biasa.

Dalam studi lain, para peserta diminta untuk berpikir tentang peristiwa masa lalu yang membuat mereka merasa bernostalgia. Hasilnya, mereka merasa lebih optimis daripada ketika berpikir tentang kejadian biasa.

Studi lainnya meneliti mengapa nostalgia membuat orang merasa lebih optimis. Studi ini meminta peserta mendengarkan lagu atau membaca lirik lagu yang terkait dengan perasaan nostalgia.

Seperti dalam penelitian lainnya, peserta yang diinduksi untuk merasakan nostalgia lewat lagu juga menyatakan lebih optimis tentang masa depan. Optimisme ini berhubungan dengan 2 faktor. Pertama, nostalgia membuat orang merasa lebih terhubung dengan orang lain secara sosial, hubungan sosial tersebut meningkatkan perasaan positif tentang diri mereka. Kedua, peningkatan harga diri otomatis meningkatkan perasaan optimisme.

Serangkaian penelitian tersebut menunjukkan bahwa nostalgia memainkan peran bermanfaat dalam kehidupan manusia. Ketika situasi dan keadaan terasa sulit, seolah-olah semuanya tidak akan berubah menjadi lebih baik lagi, tetapi dengan berfokus pada ingatan positif tentang masa lalu, orang dapat membantu diri mereka lebih terhubung dengan orang lain, yang dapat memberi mereka sumber daya untuk menjadi lebih optimis tentang masa depan. 


Tags: manfaat nostalgia


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.