Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

6 Nov 2013

Nasib Pondok Pesantren Tradisional Di Era Globalisasi



globalisasi
Bertolak dari studi tentang pondok pesantren tradisional di era globalisasi, ditemukan bahwa:

Institusi keagamaan (pesantren) dan tradisi keagamaannya dihadapkan pada kompleksitas global yang membawa ide-ide kosmopolit sekularis yang menawarkan peluang dan tantangan. Ide-ide kosmopolit yang ditawarkan adalah pluralisme yang memiliki beragam kepentingan. Aksioma pluralisme dapat mengarah pada kebebasan tanpa batas yang menyebabkan individu mudah melakukan apa saja tanpa mempertimbangkan dimensi moral, agama dan kemanusiaan. Kemudahan melakukan apa saja di era globalisasi banyak disebabkan oleh pesatnya perkembangan sains dan tekhnologi, yang satu sisi memberikan kemudahan hubungan dan terbukanya aneka ragam informasi yang memungkinkan individu dalam masyarakat meniru gaya hidup kosmopolit, dan pada sisi lain dapat menimbulkan perubahan dan pergeseran nilai.

Pengaruh globalisasi terhadap elemen-elemen pondok pesantren memang tidak sampai menyentuh pada wilayah aqidah, tetapi secara spesifik terlihat pada beberapa hal:

Santri di era globalisasi yang terpengaruh globalisasi dari media massa, media cetak dan media sosial online, terlihat lebih kritis dibandingkan dengan santri sebelum era globalisasi yang dahulunya terkesan patuh mutlak terhadap ustadznya. Karena pengaruh globalisasi pula disiplin santri dalam melaksanakan norma agama relatif berkurang.

Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup ustadz yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, yang mana sebelum era globalisasi terlihat masih tetap menjalankan format hidup sederhana, kharismatik dan otokratik.

Era globalisasi yang juga ditandai dengan globalisasi ekonomi dan politik terindikasi mendangkalkan dan menumpulkan artikulasi ilmu-ilmu agama dan fungsi-fungsi tradisonal pondok pesantren terutama dalam reproduksi ulama.

Globalisasi tampaknya akan terus bergulir lewat berbagai media, dan diyakini akan semakin mempengaruhi format kehidupan sosial terutama kehidupan berpesantren. 


Tags: pondok pesantren tradisional, globalisasi


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.