Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

16 Sep 2013

Penyebab Diet Gagal



penyebab diet gagal
Fakta yang mencengangkan, tingkat obesitas di seluruh dunia selama 30 tahun terakhir telah meningkat 2 kali lipat. Lebih gawat lagi, beberapa studi menunjukkan antara 50 sampai 80 persen pelaku diet gagal mencapai tujuan, dan berat badan mereka malah kembali naik secara drastis.

Apa yang menyebabkan program diet gagal?

Kerap yang dianggap sebagai penyebab gagal diet adalah motivasi yang kurang kuat, sehingga membuat orang mudah tergoda untuk kembali ke kebiasaan lama yang tidak sehat dan mengakibatkan rusaknya program diet selama ini. Namun menurut para peneliti, alasan lain yang dapat menjelaskan mengapa banyak orang gagal berdiet adalah harapan mereka yang tidak realistis.

Kebanyakan orang memulai program diet dengan harapan akan melihat hasilnya secepat mungkin. Cara diet yang umum digunakan (dan ternyata salah besar) adalah mengurangi 500 kalori dari menu makan harian atau berolahraga untuk membakar kalori sejumlah itu dengan harapan agar berat badan turun 0,5 kg per minggu. Logikanya, 1 pon lemak mengandung 3.500 kalori, maka untuk mengurangi 1 pon lemak (0,5 kg) per minggu, Anda harus membakar 3.500 per minggu alias 500 kalori per hari.

Menurut Kevin Hall, dari U.S. National Institutes for Health dan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), mengurangi 500 kalori per hari tidak memperhitungkan metabolisme tubuh yang menjadi lambat saat terjadi pengurangan energi. Diet yang dilakukan dengan mengurangi kalori dalam jumlah yang drastis tanpa memikirkan adaptasi metabolisme tubuh, akibatnya ketika tubuh kekurangan energi dan tidak mendapat suplai dari makanan, tubuh akan mengubah cadangan energi yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat organ-organ seperti ginjal, hati, dan jantung bekerja lebih keras.

Pola diet mengurangi 500 kalori per hari merupakan cara diet instan, meski berat badan cepat turun, akan cepat pula naik kembali.

Aturan diet yang benar

Menurut Kevin Hall, mengurangi berat badan sebenarnya butuh waktu lebih lama dari yang diduga selama ini. Diet yang ideal adalah membakar 100 kalori per hari, intinya adalah ketika menjalankan program diet jangan hanya berorientasi pada besar kalori yang harus dikurangi, tapi perhatikan juga metabolisme tubuh. Diet bukan berarti tidak makan tetapi mengurangi porsi makan.


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.