Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service

8 Okt 2013

Tentang Kolesterol



tentang kolesterol
Apa Itu Kolesterol?
Kolesterol adalah jenis lemak yang memiliki efek baik dan buruk pada tubuh. Kolesterol digunakan oleh tubuh untuk membuat hormon dan untuk membangun dan memelihara sel-sel saraf. Namun, ketika tubuh memiliki terlalu banyak kolesterol, deposito lemak yang disebut plaque akan berkumpul dalam dinding pembuluh darah yang menyebabkan dinding pembuluh darah menebal sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit (suatu kondisi yang disebut aterosklerosis).

Penyempitan pembuluh darah akan mengurangi aliran darah yang melalui pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi oleh liver. Kolesterol bersumber dari lemak, karbohidrat, protein, produk hewani seperti daging, telur dan produk susu yang dikonsumsi.

Bagaimana Mengukur Kadar Kolesterol?
Ketika Anda memeriksakan kolesterol Anda, dokter akan memberikan angka untuk kadar total kolesterol Anda, seperti di bawah ini: 


  • Kurang dari 180: Baik    
  • 181-239: Ambang Batas    
  • 240 ke atas: Tinggi
Bila kadar kolesterol Anda tinggi, dokter umumnya juga memeriksa jumlah LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein) dalam darah Anda. LDL dan HDL membawa kolesterol melalui darah Anda. LDL membawa banyak kolesterol, meninggalkan deposit lemak di dinding arteri Anda dan berkontribusi pada penyakit jantung. HDL melakukan sebaliknya. HDL membersihkan dinding arteri dan membuang kolesterol ekstra dari tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. LDL disebut kolesterol "buruk" dan HDL disebut kolesterol "baik". Idealnya adalah memiliki LDL berkadar rendah dan HDL dengan kadar tinggi.

Tingkat LDL yang direkomendasikan adalah sebagai berikut: 


  • Kurang dari 130: Bagi kebanyakan orang
  • Kurang dari 100: Bagi mereka yang berisiko lebih besar terkena penyakit jantung
  • Kurang dari 70: Untuk mereka dengan penyakit jantung dan diabetes


Diposkan di:
© 2015 Kumpulan Tulisan. All rights reserved.